Rabu, 03 April 2019

Tips Agar Jualan Di Instagram Cepat Laku

Tips Agar Jualan Di Instagram Cepat Laku

Banyak Instagram tools yang beredar dan bermanfaat buat kamu. Gak cuma untuk pamer aktivitasmu, tapi juga bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis yang sedang kamu jalanan.

Berjualan via Instagram sudah menjadi salah satu metode yang paling efektif dan murah. Kalian bisa memamerkan produk atau jasa kalian hanya dengan sekali post. Kalau rajin, bisa jadi sarana marketing yang menguntungkan.

Itu sebabnya, kalian perlu menggunakan fitur tambahan atau Instagram tools. Dikutip dari Entrepreneur setidaknya ada 10 tools yang bisa kalian manfaatkan. Ada yang berbayar dan ada juga yang gratisan. Semuanya sama-sama bermanfaat kok untuk mendongkrak popularitas akun dan produkmu. Apa saja?

1. Social Captain


Untuk meningkatkan popularitas, kalian harus memperkenalkan produk ke banyak orang. Salah satu caranya bisa dengan memfollow akun-akun lain yang kira-kira relevan dengan mangsa pasarmu. Tapi sepertinya itu membutuhkan waktu yang banyak kalau dilakukan secara manual.

Dengan tools ini, kamu bisa melakukan segalanya secara otomatis. Caranya cukup buat pengaturan seperti apa akun yang ingin kamu follow, secara otomatis mengomentari konten yang serupa dengan produkmu.

Misalnya, kamu berjualan sepatu, kemudian ada salah satu akun yang menuliskan caption di instagram ingin sepatu yang sejenis denganmu, maka tools ini akan langsung memfollownya.

2. Hootsuite

Di kalangan pebisnis online, Instagram Tools yang ini sudah terkenal banget. Hootsuite adalah aplikasi yang dapat mengelola postingan akunmu. Memungkinkan kamu memposting konten secara otomatis tapi terjadwal sesuai yang kamu inginkan.

Tools ini juga terhubung dengan jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan Pinterest. Jadi kamu tinggal menentukan jadwalnya dan konten apa yang ingin diposting. Ada juga laporan analisis yang bisa kamu pantau untuk meningkatkan interaksi kontenmu.

3. Hashtracking


Hashtag ternyata bukanlah hal yang sepele. Kalau dikelola dengan baik dan tepat, hal ini bisa menjadi sarana pengenalan konten kamu ke masyarakat luas. Cara terbaiknya adalah dengan mengaplikasikan analisamu terhadap hashtag apa yang paling banyak dicari.

Misalnya ketika kamu berjualan produk keripik melalui Instagram, tentu kamu akan menuliskan hashtag #keripik atau #jualkeripik. Nah ketika orang mencari hashtag itu di kolom pencarian, salah satu produkmu akan muncul. Tapi, agar lebih optimal, kamu perlu menggunakan hashtag yang memiliki volume pencariannya paling tinggi. Tujuannya adalah agar kontenmu berpotensi lebih besar untuk dibuka orang-orang.

Untuk mengetahui hashtag apa yang tepat, kamu bisa menggunakan Instagram Tools Hashtracking.

4. Minter

Instagram tools yang satu ini bisa memberikan kamu data-data pasar saat ini. Salah satunya adalah tentang akun bisnis yang menjajakan produk atau jasa yang sejenis denganmu. Tools ini akan memberikan penjabaran akun-akun apa saja yang menjadi pesaingmu berikut dengan tingkat popularitasnya.

Dengan aplikasi ini, kamu jadi bisa memantau akun-akun tersebut. Lebih jauh lagi, kamu jadi bisa menentukan strategi dan langkah apa yang akan digunakan untuk menyaingi mereka dengan lebih efektif.

5. Grum


Instagram tools yang satu ini hampir sama dengan Hootsuite. Sebuah aplikasi tambahan untuk pengelola dan penjadwalan konten. Jadi kalian bisa dengan otomatis untuk memperbarui konten, mengatur caption, dan membalas komentar pertama.

Perbedaannya dengan Hootsuite, tools yang satu ini hanya berfokus pada Instagram saja, sementara Hootsuite bisa digunakan untuk Facebook, Twitter, hingga LinkedIn.

6. VSCO

Semuanya gak perlu serba otomatis kok, untuk bisa meningkatkan penjualanmu, kamu juga perlu menggunakan tools edit photo. Salah satu yang paling popular adalah VSCO. Dengan VSCO, kamu dimungkinkan untuk mengedit warna, pencahayaan, ketajaman foto produk kamu sesuai dengan keinginan. Tentunya kamu juga harus memiliki pengetahuan editing yang mumpuni.

Bagaimanapun juga, kualitas foto adalah komponen terpenting dalam penjualan online. Karena mereka hanya bisa meraba melalui foto, jadi usahakan fotomu sebagus mungkin dan semenarik mungkin. Jangan sampai konsumenmu merasa tertipu karena foto dan produk aslinya sangat beda jauh. Dengan VSCO, hasil editannya juga bisa langsung diposting di Instagram.

Itu tadi enam Instagram tools yang bisa kamu manfaatkan untuk penggenjot strategi marketing bisnismu. Tapi rata-rata produk di atas bersifat otomatisasi. Usahakan jangan 100 persen proses bisnismu menggunakan metode ini, cobalah sesekali untuk tetap mengelolanya secara manual. Takutnya, nanti akun kamu dikira spam.

Menggunakan tools di atas namun belum tentu menjamin bisnismu bisa sukses ya. Karena kesuksesan tetap dilihat dari kualitas konten dan teknik pemasaran yang kamu lakukan. Dikutip dari Techinasia, setidaknya ada 7 kunci sukses biar bisnismu laku di Instagram.

Perhatikan konten-konten yang akan kamu posting di akun bisnismu. Percuma menggunakan Instagram tools kalau kontennya tidak berkualitas. Karena konten yang berkualitas bisa lebih menarik minat pembeli. Perhatikan cara pengambilan gambar, dan caption yang sesuai. Dua konten yang paling menarik biasanya adalah foto produk dan juga foto behind the scene. Lihatlah brand-brand lain yang memiliki konten menarik untuk dijadikan referensi kamu ke depannya.

0 komentar:

Posting Komentar