Kamis, 12 September 2019

Ini Dia 5 Gejala Mata Kedutan Sebelah Kiri yang Patut untuk Diwaspadai



Ini Dia 5 Gejala Mata Kedutan Sebelah Kiri yang Patut untuk Diwaspadai

Mata berkedut tentunya sudah menjadi hal yang sering atau wajar terjadi, namun bagaimana jika kondisi tersebut berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama dan juga terus menerus. Biasanya yang paling sering terjadi adalah mata kedutan sebelah kiri  . Banyak faktor yang pada dasarnya memang dapat memicu hal tersebut, ada yang berhubungan dengan mitos seperti diantaranya adalah pertanda bahaya, namun jika dilihat dari sisi medis sebenarnya tidak demikian.

Jika seandainya penyebab dari mata kedutan tersebut memang sesuatu yang membahayakan, memang sangat dianjurkan bagi Anda untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter, sehingga nantinya bisa mendapatkan penanganan secara langsung. Berikut ini diantaranya beberapa gejala mata kedutan sebelah kiri yang sebenarnya berbahaya sehingga butuh penanganan medis, yaitu:

  1. Mata merah disertai dengan bengkak, bahkan terkadang mata tersebut juga akan mengeluarkan cairan yang tidak lazim, bukan cairan yang bening seperti air mata, melainkan agak pekat, maka tanda bahaya.
  2. Bagian kelopak mata bagian atas juga berubah, yaitu agak turun ke bawah sehingga membuat Anda kesulitan di dalam melihat dan pastinya juga akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari.
  3. Kelopak mata akan tertutup secara sempurna, khususnya ketika tengah mengalami kedutan. Memang ada beberapa kondisi dimana kelopak mata tersebut akan langsung turun saat berkedut, hal ini adalah kondisi yang sangat membahayakan.
  4. Kedutan tersebut tidak berhenti, melainkan berlangsung secara terus menerus dan juga terjadi selama berminggu-minggu, maka harus segera di periksakan.
  5. Kedutan tersebut juga mempengaruhi beberapa bagian wajah yang lainnya, sehingga terkadang tidak dapat digerakkan, mungkin hal ini berhubungan dengan masalah syaraf.

Jika mengalami mata kedutan yang disertai dengan beberapa gejala di atas, maka jangan anggap sepele hal tersebut, karena bisa jadi itu adalah tanda penyakit, seperti gangguan yang terjadi pada syaraf terkadang memang akan disertai dengan gejala semacam ini, jadi agar tidak bertambah serius maka harus segera dibawa ke dokter. Hanya saja terkadang juga ada beberapa kondisi dimana mata berkedut disebabkan oleh beberapa faktor ini:

  1. Mengkonsumsi alkohol, pada dasarnya alkohol memang termasuk sebagai salah satu senyawa yang bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi, termasuk juga jika konsumsinya berlebih bisa mempengaruhi syaraf dan menyebabkan mata berkedut.
  2. Cahaya yang terlalu terang, jangan salah karena ternyata terlalu lama melihat di tengah cahaya yang terlalu terang juga kurang baik, karena bisa menyebabkan mata berkedut.
  3. Kafein yang berlebih, bagi mereka yang gemar dalam mengkonsumsi kafein dan mengalami kondisi seperti ini, maka sebaiknya mulai kurangi jumlah yang dikonsumsi, karena sudah dalam batas yang berlebihan.
  4. Kelelahan, pada beberapa orang, jika seandainya mengalami kelelahan maka akan disertai dengan gejala semacam ini.
  5. Iritasi yang terjadi pada permukaan mata, sehingga membuat orang tersebut terus menerus mengucek mata dan akhirnya menyebabkan mata menjadi kedutan.
  6. Merokok, ternyata konsumsi rokok yang terlalu berlebihan juga kurang baik bagi kesehatan, karena bisa menyebabkan gangguan pada syaraf, termasuk diantaranya gejala semacam mata kedutan.
  7. Stres, beban pikiran yang terlalu berat bisa menyebabkan mata juga kedutan.

Memang ada beberapa kondisi mata kedutan sebelah kiri yang masih wajar, namun juga ada yang berbahaya sehingga harus segera menjalani pemeriksaan ke dokter, jika tidak ingin resiko yang berbahaya bagi kesehatan.


0 komentar:

Posting Komentar